5 Pekerjaan Freelance yang Cocok Buat Mahasiswa



Rekan muda pernah penasaran gimana rasanya kuliah sambil kerja? betapa berharganya pengalaman yang bisa kita dapatkan ketika melakukanya? Sudah banyak bukti mengatakan bahwa, pengalaman dibaliknya sangat memberimu bekal yang cukup luar biasa.

Mulai dari pengalaman dalam mengatur waktu antara kuliah dan kerja, pengalaman bekerja secara tim bersama bos dan rekan kerja, pengalaman berkomunikasi secara resmi, pengalaman menghasilkan uang sendiri tanpa harus meminta-minta kepada orangtua.

Sederet pengalaman diatas hanyalah sebagian kecilnya, sedangkan masih ada ribuan pengalaman yang bisa rekan muda dapat darinya. Jadi, bekerja sambil kuliah bukanlah hal yang menakutkan. Dan berikut ini, alternatif kerjaan freelance buat rekan muda yang ingin kuliah sambil kerja.

1. Menulis Konten Berkualitas


menulis konten berkualitas

Profesi penulis kini menjadi yang populer di kalangan kaum Gen Z. Gimana nggak, mereka yang senang browsing, mengamati perilaku orang di sekitarnya, dan menuangkan ide yang terkurung dalam kepala, menulis merupakan obat yang paling manjur.

Sekarang ini dunia pemasaran online sudah semakin menjamur. Kinilah kesempatanmu untuk menjadi penulis konten yang berguna buat memasarkan produk sebuah perusahaan. Konten ini biasanya berupa konten blog, website, dan toko online.

2. Membuat Vidio Promosi Produk


membuat vidio promosi produk

Masih dalam ruang lingkup pemasaran online, produk yang dijual di internet juga butuh promosi lewat video. Hal ini dilakukan untuk mengenalkan produk kepada audiens yang sedang berselancar di internet. Video biasanya lebih disukai karena tidak membosankan.

Bikin video promosi produk bisa jadi salah satu profesi kerja lepasmu. Fee yang didapat juga tidak kalah dengan menjadi penulis sebuah konten. Justru, kadang ada perusahaan yang membayar lebih berkat kualitas video promosi yang mampu menggaet calon konsumen menjadi pelanggan.

3. Mengurus Toko Online


mengurus toko online

Bisnis e-commerce juga tak kalah menarik dibanding yang lainnya. Toko online pun kini sudah menjadi populer seperti toko fisik yang sekarang menjamur di sekitar kita. Karena toko online sifatnya lebih fleksibel dan butuh diurus 24 jam, maka rekan muda bisa menawarkan kemampuanmu.

Rekan muda yang jago masalah bahasa pemrograman, pemasaran digital, dan fotografi produk, bisa mencoba untuk membantu para pengusaha dalam mengurus toko onlinenya. Hasilnya juga lumayah karena mengurusi toko online bisa memberikan pemasukan yang stabil.

4. Menjadi Influencer


menjadi influencer

Buat rekan muda yang lagi nge-hitz di sosial media, boleh nih dicoba. Menjadi influencer atau figur, bisa mendatangkan pundi-pundi rejeki yang tidak terbatas. Rekan muda bisa mengandalkan akun-akun yang banyak followers-nya itu, untuk digunakan menjadi tempat endorse.

Dan kalau punya blog, lebih bagus lagi. Rekan muda bisa membuat review tentang sebuah produk, untuk kemudian rekan muda dibayar per post-nya. Asal, yang paling penting bagi influencer ialah frekuensi post. Harusnya, lebih banyak post yang menginspirasi dibanding endorse.

5. Menulis Buku di University Press


menulis buku di university press

Terakhir, ialah menulis buku di Kampus bisa jadi solusi bagi rekan muda. Banyak kok universitas-universitas yang memberikan royalti secara langsung tanpa melihat statistik penjualan. Jadi, dibayar kalau jadi satu buku.

Dan itu lumayan besar, satu buku bisa mencapai 12 juta sekali jadi. Asal, kualitas tulisan yang dibikin juga wajib berbicara. Beruntung buat rekan muda yang ada di universitas, dimana bisa menerbitkan karya novel atau fiksi.

Nah, sederet kerjaan freelance tadi juga muncul berkat perkembangan teknologi yang kian hari kian ganas. Manfaat lainnya, rekan muda bisa mengambil peluang bisnis dan berkembang selangkah lebih maju dibanding mereka yang tak pernah mencoba bekerja saat kuliah.

Posting Komentar untuk "5 Pekerjaan Freelance yang Cocok Buat Mahasiswa"